Ekonomi Syariah dalam Genggaman??

Hah ? Ekonomi Syariah dalam Genggaman ? maksudnya…???

Sharee

Dimulai dari cerita saya sekitar 2 bulan yang lalu (Agustus 2012) ketika bertemu dengan 2 orang teman, Ridha Danjanny dan Asep Saefullah yang sama – sama kuliah di jurusan Perbankan Syariah dan sama – sama aktif di organisasi Lisensi (Lingkar Studi Ekonomi Syariah) UIN Jakarta, kita ngobrol disitu dan timbul pertanyaan,

“Fi, bisa ga bikin aplikasi android semacam kamus, tapi kamus istilah ekonomi islam?”

Saya adalah mahasiswa jurusan Teknik Informatika di UIN Jakarta, jujur aja hal itu terdengar agak asing di kuping. Tapi setelah dijelaskan lebih lanjut, saya menyanggupinya dan ini ide bagus yang sayang kalau enggak diwujudkan.

Latar belakangnya jelas, teknologi dan ekonomi syariah sama – sama berkembang saat ini, teknologi telah membuat adanya perubahan habitual masyarakat, yang tadinya kalau lagi jalan atau lagi duduk di bis kepala lurus kedepan, sekarang lebih sering nunduk sambil update status atau googling, kenapa ga kita coba manfaatkan momen ini untuk menciptakan sebuah inovasi.

Tujuannya juga jelas, mengedukasi masyarakat mengenai ekonomi syariah, misalnya ketika ada nasabah konvensional yang ingin beralih menjadi nasabah perbankan syariah biasanya ditemukan istilah – istilah yang belum begitu mereka pahami, dengan adanya kamus yang bisa diakses mobile tentu akan memudahkan.

Dari situ kita bentuk tim bertiga, saya sebagai Android Developernya, Asep dan Ridha sebagai Content Manager dari aplikasi ini, mereka nantinya yang akan memberikan supply content secara continue ke aplikasi.

Sebatas kamus aja ? Kenapa ga kita create yang lebih dari sekedar kamus ? Mau mengedukasi ya jangan tanggung – tanggung, kalau sebatas kamus, banyak di google pdf nya, orang bisa download, masukin ke smartphonenya, ga ada bedanya deh.

Nah, kami memutuskan untuk juga menyelipkan fitur – fitur lain di aplikasi yang nanti kami akan bangun, sehingga akhirnya nanti aplikasi ini akan menjadi one-stop learning center dari ekonomi syariah, dengan target utama masyarakat umum, pelajar dan para praktisi ekonomi syariah. Dan tidak hanya mengedukasi, tapi juga mensosialisasikan ekonomi syariah kepada masyarakat.

“Ekonomi Syariah dalam Genggaman”

Serius tuh ekonomi syariah bisa di genggam ? Mari kita skip dulu masalah ekonomi syariah yang bisa di genggam.

Setelah kami bentuk tim, kami menentukan nama dari aplikasi ini adalah Sharee yang merupakan akronim dari Sharia Economics Education (edukasi ekonomi syariah). Sampai akhirnya tanggal 19 Oktober kemarin, aplikasi ini di-soft launching di acara #Revenue2012, acara yang diselenggarakan oleh Lisensi UIN Jakarta yang mempunyai konsep yang unik dan inovatif, yaitu memadu padankan Teknologi, khusunya Teknopreuner dan Digital Startup dengan Ekonomi Syariah.

soft launching sharee

Alhamdulillah, setelah soft launching aplikasi ini mendapatkan beberapa sambutan positif dari para peserta #Revenue2012 juga Direktur Bisnis BNI syariah yang diliput di Hidayatullah.com. Selain di Hidayatullah.com juga berita soft launching aplikasi ini beberapa kali masuk media online seperti Republika Online, PKES Interaktif, VOA-Islam, dan Islampos.

Sharee di Republikas Online

Dan sampai saat ini (29/10/2012), Sharee sudah 2 hari nongkrong di Play Store, dan alhamdulillah lagi sambutan positif berdatangan dari para pengunduh. Sampai saat ini ada 3 fitur utama yang dimiliki Sharee.

  1. Kamus Ekonomi Syariah. Untuk menemukan arti istilah-istilah dalam ekonomi syariah, seperti akad, mudharabah, murabahah, dll. Bersumber dari Kamus Securel Ekonomi Syariah PKES.
  2. Update Berita Ekonomi Syariah. Update berita terbaru mengenai ekonomi syariah (perbankan syariah, keuangan syariah, dll). Sumber berita dari http://ib.eramuslim.com
  3. Sharee Blog (http://shareeducation.wordpress.com), sebagai media pembelajaran ekonomi syariah. Berisi artikel – artikel mengenai teori maupun hasil penelitian yang ditulis oleh mahasiswa, dosen maupun praktisi ekonomi syariah.

Tentu hanya dengan 3 fitur tersebut Sharee masih belum pantas menyandang tagline “Ekonomi Syariah dalam Genggaman”,  tapi jangan kira kami akan berhenti sampai disini.

Kami lebih suka menjadikan “Ekonomi Syariah dalam Genggaman” ini adalah visi dari Sharee, akan seperti apa Sharee kedepannya. Yang sedang kami lakukan sekarang adalah terus memperkaya konten dari Sharee dan melakukan riset terkait dengan fitur selanjutnya dari Sharee.

Sharee saat ini diibaratkan bayi yang baru lahir, butuh dukungan yang besar agar terus berkembang. Maka dari itu, segala bentuk kritik dan saran untuk pengembangan aplikasi sangat kami harapkan, melalui email di edusharee@gmail.com atau twitter di @sharee_app atau facebook fan page : Sharee

Bagi pengguna Android yang belum download Sharee, bisa langsung download di Play Store, search “Sharee Ideaplay” atau “Sharia Economics” untuk mempermudah pencarian.

Terima kasih telah meluangkan waktunya membaca, semoga Sharee bermanfaat untuk kemajuan Ekonomi Islam terutama di Indonesia. Aamiin ya Rabbal Alamin.

Advertisements

5 thoughts on “Ekonomi Syariah dalam Genggaman??

  1. […] here is My post (in Bahasa) about […]

  2. ilmy says:

    Tahniah,

    Rasanya versi sekarang bukan develop dengan jquery mobile, betol enggak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: