First Attempt of Australia Awards Scholarship

Siang ini saya mengirimkan lamaran beasiswa ke Australia Awards Office, untuk mendaftar sebagai applicant Australia Awards Scholarship. Ya, saya berniat untuk melanjutkan study saya ke Australia. Beasiswa Australia Awards adalah salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah Australia sebagai bentuk kerja sama dengan Indonesia untuk mendorong pembangunan bangsa. Jadi penerima beasiswa tersebut, diharapkan dapat berkontribusi dalam membangun Indonesia.

Beasiswa ini terbuka untuk umum, walaupun mereka menaruh kuota yang lebih besar untuk PNS dan applicants dari wilayah timur Indonesia. Mungkin karena PNS akan lebih mudah dan realistis dalam berkontribusi dalam membangun Indonesia. Jurusan yang ditawarkan terbagi menjadi 4 area, yang merupakan priroty development areas dalam kerja sama antara Australia dan Indonesia. Area tersebut adalah : sustainable growth and economic management, democracy justice and good governmace, investing in people, safety and peace. Untuk lebih lengkap mengenai priority study dimasing-masing areanya bisa cek langsung di websitenya.

Meskipun saya bukan PNS, bukan applicants dari wilayah timur Indonesia dan bahkan proposed course saya tidak termasuk dalam 4 priority development areas, saya tetap optimis untuk mengikuti beasiswa tersebut. Jurusan yang saya ajukan adalah Master of Engineering (Software with Business) dan Master of Computer Science, sesuai dengan background S1 saya.

Jika ingin melamar beasiswa ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya TOEFL > 500, IPK > 2.9, dst (untuk lebih lengkap silahkan langsung cek aja di websitenya). Kita juga diharuskan menjawab beberapa pertanyaan essay yang jawabannya mengarah kepada langkah praktis apa yang akan kita lakukan dalam berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia.

Persiapan beasiswa saya lakukan kurang lebih 1.5 bulan, tapi tidak terlalu intense. Mulai dari mengikuti test TOEFL ITP, karena ternyata test TOEFL yang saya selama ini saya ikuti di kampus tidak bisa digunakan untuk daftar (TOEFL Prediction). Saya test TOEFL di Pusat Bahasa IPB, dengan membayar biaya 400rb. Dan alhamdulillah, saya berhasil memenuhi syarat dengan mencapai skor 553.

Selanjutnya adalah mengisi form, termasuk essay yang tadi saya sebutkan diatas. Nah, saya pikir disini lah kesempatan saya harus menutupi kelemahan-kelamahan saya. Saya menguraikan mengenai apa yang akan saya lakukan untuk berkontribusi kepada bangsa dengan knowledge, skill dan connection yang akan saya dapatkan di Australia nanti. Saya mencoba menjadikan teknologi (khususnya software) sebagai solusi dari permasalahan-permasalahannya yang dimiliki oleh UKM-UKM di Indonesia, terutama dalam meningkatkan efektivitas pemasaran dan efisiensi produksi. Selain itu juga sebagai penunjang pemerintah lokal untuk menciptakan good governance, dengan melakukan Open Data. Salah satu contoh langkah sederhananya adalah merelease data informasi public sector (geografis, statistik, transportasi, dll) dan merelease data anggaran daerah.

Setelah TOEFL dan form diisi, sisanya kita hanya tinggal melengkapi berkas-berkas seperti akte kelahiran, legalisir ijazah dan transkrip, foto kopi ktp, dll. Untuk ijazah dan transkrip kita tidak diwajibkan mentranslatenya ke bahasa Inggris untuk proses seleksi berkas. Namun jika kita shortlisted ke tahap selanjutnya, yaitu interview dan test IELTS, kita diwajibkan menyerahkan ijazah, transkrip dan akte kelahiran yang sudah di translate.

Semua usaha telah dilakukan untuk memberikan yang terbaik, sekarang tinggal berdoa menunggu pengumuman di bulan Desember. Waktu ini juga akan saya manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris, terutama untuk persiapan IELTS. Bismillah, wish me luck from the very first attempt.

Leave a Reply

